Home > Berita, Software, Virus & Hacker > Waspadalah!! Zombi Sedang Mengincar PC Anda

Waspadalah!! Zombi Sedang Mengincar PC Anda


Berhati-hatilah., kemungkinan besar komputer Anda telah terjangkit Botnet. Botnet adalah program yang tersembunyi pada komputer Anda, tidak mengganggu, tetapi sewaktu-waktu dapat dipanggil oleh si pembuat program jahat ini untuk melakukan kejahatan. Karena sifatnya yang tidak terlalu mengganggu sebelum dipanggil, program jahat ini sering disebut zombie oleh pengguna internet. Hal tersebut merupakan sebagian penjelasan mengenai keamanan komputer oleh Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, Ketua ID-SIRTII (Indonesia Secuirty Incident Response Team On Internet Infrastructure) dan Aptikom (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatikan dan Komputer) pada seminar Mengupas Tren Ancaman Komputer Di masa Depan Dan Solusinya. Seminar tersebut diadakan oleh ESET yang terkenal dengan program antivirus NOD32. Ada 6 tahapan pada dunia cyber menyangkut serangan ke dunia cyber yang biasanya disebut dengan Cyber6, terdiri dari Cyber space, cyber threat, cyber attack, cyber security, cyber crime, dan cyber law.

Cyber space merupakan lingkungan di mana internet itu berada. Sekarang ini, informasi adalah hal yang paling banyak dicari di dunia cyber. Informasi juga dapat menjadi ancaman bagi para pengguna internet. Seperti yang telah kita ketahui, perdagangan data bawah tanah atau yang biasa disebut underground economy saat ini telah menjadi ancaman yang cukup serius. Hal tersebut lah yang disebut oleh Pak Indrajid sebagai cyber threat.

Untuk di Indonesia sendiri, serangan yang dilakukan kebanyakan untuk rekreasi, artinya mereka hanya untuk saling unjuk kekuatan. Untuk di Amerika, trend yang sedang kembali hangat sekarang ini adalah ‘Password Guessing’. Dengan semakin maraknya website jejaring sosial, membuat banyak hacker berusaha untuk mendapatkan data-data pengguna untuk melakukan kejahatan.

Ternyata selama ini, para penjahat cyber mencari celah melalui link yang terlemah. Oleh karena itu, ada baiknya anda melindungi celah yang Anda anggap paling lemah dalam sistem Anda. Dengan melakukan perlindungan terhadap sistem, maka Anda sudah termasuk melakukan cyber security. Namun, apabila serangan tersebut masih berlanjut, maka para penjahat tersebut sudah melakukan cybercrime dan untuk mengatasi cyber crime seperti itu, dibuat cyber law. Indonesia adalah negara pemilik hukuman terberat bagi para pelaku cyber crime, yaitu denda sebesar Rp 600 juta atau kurungan penjara selama 6-12 tahun. Maka disarankan bagi Anda yang ingin membuat kejahatan di dunia cyber Indonesia untuk berpikir-pikir dulu sebelum melakukannya.

(sumber : muslimdaily.net)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: