Home > Artikel, Software, Website/Blog > Facebook, Makin Haram, Makin Populer

Facebook, Makin Haram, Makin Populer


Merebaknya isu seputar pengharaman oleh beberapa kalangan makin mendongkrak Facebook.

(CTCSArtc)– Sejak pertengahan Maret 2009, Facebook telah menjadi situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Menurut data Alexa dan Google Trends, situs jejaring sosial tersebut sudah meninggalkan situs jejaring sosial yang lebih dulu populer di Indonesia, yakni Friendster dan juga situs paling banyak dikunjungi yakni Google.

Hadirnya perangkat-perangkat ponsel pintar yang dapat digunakan untuk menjelajah internet dengan lebih nyaman seperti BlackBerry, atau smartphone milik produsen ponsel utama lainnya membuat pengguna semakin mudah terhubung dengan situs jejaring sosial kapanpun dan di manapun mereka bereda. Ternyata ini sangat menguntungkan Facebook.

Merebaknya isu seputar pengharaman Facebook oleh beberapa kalangan tampaknya malah semakin mendongkrak popularitas situs jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tahun 2004 lalu itu di tanah air. Buktinya, menurut Google Trends, mulai pertengahan Mei 2009, grafik peningkatannya justru naik pesat.

Popularitas Facebook yang terus meningkat juga menghadirkan rejeki nomplok bagi banyak pihak. Mulai dari pengusaha kreatif yang memasarkan produknya di internet sampai ke produsen ponsel merek lokal yang memiliki produk yang mampu dimanfaatkan untuk berinteraksi di Facebook laris manis. Ini tentu merupakan peluang yang sangat menarik.

Sebagai informasi saja, sampai Desember 2004, pengguna situs jejaring sosial tersebut baru mencapai 1 juta orang. Setahun berikutnya, pengguna Facebook tumbuh hingga 5,5 juta pengguna dan kembali berlipat ganda menjadi 12 juta pengguna di akhir 2006. Akhir 2008, secara total pengguna Facebook telah mencapai 100 juta orang di seluruh dunia dan empat bulan kemudian, angkanya mencapai 200 juta pengguna.

Bagaimana dengan di Indonesia? Menurut Checkfacebook.com, kini pengguna situs jejaring sosial itu di tanah air sudah mencapai 5,5 juta orang. Terbanyak ke 8 di dunia setelah Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Turki, Perancis, Italia, dan Australia. Padahal, di Februari 2009, penggunanya baru sekitar 1 juta orang saja. Luar biasa bukan? Apalagi mengingat total pengguna internet di Indonesia yang masih sedikit dibanding negara-negara di atas. (muhammad.firman@vivanews.com)

(Sumber : vivanews.com)

Categories: Artikel, Software, Website/Blog
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: