Home > Ponsel > GPS sebagai pelengkap Navigasi (Bagian 2)

GPS sebagai pelengkap Navigasi (Bagian 2)


 GPS dan Pemanfaatannya

Kecepatan dan akurasi, kini menjadi kata kunci bagi siapapun yang ingin segala sesuatunya berjalan lebih efisien dan effektif. Tak perduli siapapun anda, baik itu supir taksi, kurir, pekerja super sibuk, bahkan mereka yang menyukai travelling, semuanya memerlukan peta atau penunjuk arah yang memungkinkan anda tidak kesasar di belantara kota atau di area yang anda tidak familiar.

Keberadaan GPS yang pada mulanya diinisiasi militer amerika untuk keperluan perang, kini mulai banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sipil dan bisnis. Dengan harga perangkat dan komponen yang semakin murah, maka popularitas GPS pun semakin meningkat dan mulai dimiliki masyarakat secara personal, apalagi, beberapa perangkat digital lainnya seperti PDA, Smartphone dan TV Mobil, sudah membenamkan fitur GPS.

Bagaimana kerja GPS dan apa manfaatnya dalam kehidupan anda sehari hari, serta ragam dan jenis GPS sebagian telah kami ulas pada Bag terdahulu (Bagian 1), Kali ini akan kami terangkan lebih dalam lagi mengenai seluk beluk GPS beserta aplikasi yang lainnya .Pada tulisan kami pada Bagian 1 juga sudah diterangkan apa itu GPS yang sebenarnya fungsi dasar GPS itu sendiri sangat sederhana, yakni menterjemahkan suatu posisi kedalam bentuk deretan angka (Koordinat X (bujur)), Y (lintang) Z(ketinggian) sedemikian rupa, sehingga posisi tempat mempunyai kombinasi angka yang ada dipermukaan bumi ini memiliki koordinat yang berbeda, Maka siapapun didunia ini yang menuju ke lokasi yang mewakili deretan angka tersebut, akan selalu berakhir atau berada di tempat yang sama.

Di Jepang, penggunaan GPS sudah sangat umum dalam kehidupan sehari hari, empat dari lima mobil yang berseliweran dijalan sudah dilengkapi piranti Navigasi mobil berbasis GPS. Bahkan di negara tetanga kita sendiri setiap anda menelpon taksi baik maka dia sudah mengetahui dimana anda semestinya di jemput.

Berbagai Kemudahan dengan GPS

Sesuai dengan namanya, GPS dan pirantinya memberikan manfaaat yang sangat banyak bagi manusia, terutama segala sesuatu yang berhubungan dengan lokasi dan arah. Pada contoh kasus sebelumnya GPS tidak hanya berfungsi untuk memperlihatkan jalur jalan/Peta yang anda lalui, tapi juga bisa digunakan untuk mengetahui letak Pom Bensin, Hotel untuk menginap, apotik , minimarket, atau restoran dengan berbagai macam menu baik amerika, fastfood, china bahkan restoran tradisionil, akan dengan mudah kita ketahui dan kearah mana kita harus menuju.

Dan yang lebih hebat lagi informasi suatu tempat atau disebut POI (Point of Interest) juga tersimpan data mengenai nomer telpon, alamat dan informasi penting lainnya, jadi anda tidak perlu mendatangi satu persatu Hotel untuk sekedar mengetahui ada kamar kosong atau tidak.

GPS untuk kegiatan Bisnis

Diluar penggunaan pribadi yang memilik banyak fungsi GPS juga sudah mulai banyak dipergunakan oleh berbagai kepentingan bisnis di indonesia. Untuk taxi misalnya, Blue bird sudah banyak menanamkan perangkatnya pada unit unit taksi mereka, tujuannya dalah untuk meningkatkan persentase order yang masuk, sebelum menggunakan GPS, oder yang masuk melalui Call center banyak yang lepas karena perusahaan tidak mengenatuhi posisi kendaraan secara akurat, akibatnya terjadi banyak komplain.

GPS juga banyak di pergunakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang jasa kurir, Ekspedisi dan pengiriman paket, disamping untuk memonitor pergerakan armada sekaligus tracking barang yg mereka kirim.

Dibidang Security, kemampuan GPS digabung dengan GSM dan GPRS mampu menyelamatkan banyak kendaraan dari incaran para pencuri, bahkan mobil BMW X5 milik ronaldo, pemain sepak bola terkenal asal brazil bisa ditemukan dengan cepat setelah dicuri maling, berkat bantuan GPS yg terpasang pada Mobilnya.

GPS tidak harus mahal

Pada dewasa ini salah satu kendala utama lambatnya penetrasi alat GPS, adalah karena harganya yang mahal. Anggapan ini memang tidak sepenuhnya salah, namun semakin banyaknya pengguna harga alat GPS pun semakin terjangkau. Anda juga juga dapat memanfaatkan perangkat yang sudah anda miliki seperti PDA yang berbasis window Mobile, ataupun Smartphone yang memang sudah di support teknologi GPS ini, hanya saja mungkin anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk mengaktifasi sistem navigasinya karena sebagian memang harus dijalankan dengan teknologi GPRS (Memakan Pulsa untuk Mengaksesnya) pada Handphone ataupun perangkat tambahan sebagai sharing pada perlatan yang berbasis Bluetooth. Untuk Smatphone terbaru yang memiliki fitur GPS memang memilik keunggulan dibanding perangkat GPS itu sendiri karena dengan teknologi SMS sesama perangkat bisa mengirimkan Ordinat Lokasi ke lawan bicara. Namun untuk Menghemat anda bisa membuka alamat Website dibawah ini.

( Sumber : journal9.com)

Categories: Ponsel
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: