Home > Ponsel > GPS sebagai pelengkap Navigasi (Bagian 1)

GPS sebagai pelengkap Navigasi (Bagian 1)


 GPS APA DAN BAGAIMANA
GPS atau Global positioning System pada era teknologi saat ini mungkin banyak dibicarakan sebagian orang yang mencintai dunia Gadget, namun tak jarang sebagian orang belum mengetahui apa dan bagaimana fungsi GPS, terlebih lagi banyak yang belum tahu kegunaan dalam aplikasi pada kehidupan sehari hari .

Bagi seseorang yang gemar berpetualang ataupun Mobile mungkin keberadaan GPS sangatlah perlu, Mengingat dengan GPS kita dapat langsung membuka Map (Peta), dan menelusiri jalur jalur yang akan kita lalui, jadi lupakan saja cara kuno membawa peta berupa lembaran besar, atau buku yang tebal. Teknologi GPS saat ini telah berkembang sampai generasi ke 5 dan sudah ramai diperjual belikan dengan berbagai macam merek misalnya GARMIN, MIO , NAV , dll.

Perangkat GPS sebenarnya memakai teknologi sinyal satelit sehingga posisi ordinat dan pemetaan selalu diupdate dengan tingkat akurasi antara 0,025 m – 8.00m tergantung jenis perangkat penerima sinyal GPS atau disebut GPS Receiver . GPS Receiver ini selain terdapat pada perangkat khusus GPS seperti pada merek merek yang telah disebutkan diatas, saat ini sudah banyak terdapat pada beberapa jenis HandPhone, terutama untuk kelas premium atau SmartPhone, juga pada PDA.

Namun biasanya paket yang diberikan untuk pembelian HandPhone dengan GPS Receiver hanya diberikan Google Maps dan untuk merek Nokia diberikan Nokia Maps, yang untuk membuka peta dibutuhkan sambungan Internet. Bila anda ingin Aplikasi GPS untuk HP yang tidak perlu menguras pulsa anda maka ada baiknya anda installkan Aplikasi Garmin Mobile XT, yang saat ini sudah mengeluarkan seri 5, kemampuan Aplikasi ini sangat baik sehingga anda serasa menggunakan perangkat GPS Profesional. Namun harga asli Aplikasi ini cukup mahal dimana Aplikasi Lengkap beserta Petanya berkisar $ 190 atau sekitar kurang lebih 2 juta rupiah, namun bila anda sedikit jeli membaca iklan di koran, di Jakarta anda bisa dapatkan Aplikasi yang sudah di Unlock sesuai dengan no HP anda di Jual dengan harga antara 300 s/d 500 ribu rupiah.

Bagi anda yang masih awam lebih lanjut akan kami berikan beberapa Ilustrasi kegunaan GPS ini,

Ilustrasi I : Kegunaan GPS mengirim Koordinat Lokasi / SEND LOCATION

Pada beberapa keluarga ada yang sudah mengaplikasikan teknologi ini terutama mereka yang memiliki perangkat GPS pada Handphone, atau PDAphone,

Pak Joko ingin mengajak Istrinya makan siang disela sela jam istirahat kantornya disuatu tempat dimana disitu terdapat sebuah rumah makan khas masakan Jawa Timur, dengan menggunakan GPS yang terintegrasi dengan HandPhone maka Pak Joko bisa memanfaatkan fitur “SEND LOCATION” pada Aplikasi Garmin Mobile XT ke nomor telpon Istrinya, maka Istrinya akan menerima pesan tersebut dan membukanya di Aplikasi Garmin Mobile XT miliknya, maka ia dapat melihat dimana Lokasi yang dimaksud, sekaligus Aplikasi ini dapat menuntunnya ketempat tersebut dengan panduan Visual dan Suara.

Ilustrasi II : Kegunaan GPS Panduan perjalanan / GO

Seperti biasanya Rina selalu menyetir sendirian menuju Kampusnya di daerah Depok atau kemanapun dia bepergian yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah seputar Lenteng Agung , Maklum dia memang sudah dipercaya Bapaknya untuk membawa sendiri kendaraan tanpa sopir, karena disamping Rina memang bisa menyetir sendiri, tapi juga karena dia tidak ingin privasi dia dan teman temannya terganggu oleh sopir bila ingin berpergian lagi sepulang Kuliah.

Pada suatu Hari Rina diajak temannya untuk merayakan ulang tahun salah seorang Temannya di kawasan Kebayoran Baru, Karena yang ulang tahun adalah teman Akrabnya, dan juga karena ajakkan beberapa temannya, akhirnya Rina setuju untuk datang,lagi pula pada saat itu ada beberapa teman yang ikut satu Mobil dengannya .

Pada awal perjalanan menuju Kebayoran baru Rina memang tidak Mengunakan GPS karena beberapa temannya ada yang sudah hapal alamat rumah target (cailah target..) .

Setelah acara selesai , ternyata satu persatu temannya minta diantar Pulang, Karena memang hari sudah larut malam dan juga sudah sulit angkutan umum yang melintas .”Busyet..gue jadi sendirian ntar pulangnya…mana ngga tahu jalan pulang lagi…” ujar Rina pada temannya yang terakhir diantar pulang .

“Yukk…terima Kasih ya Rin….sampai ketemu besok ” ujar teman terkhirnya sembari menutup pintu mobil dan meningalkan Rina dibelakang setir yang kini sendirian sambil cemberut.

Satu dua belokan dia masih ingat, pada saat tertentu ternyata perjalannya bukan malah mendekati rumah, tapi malah sebaliknya menjauhi rumahnya .Apa yang harus dilakukan .Pikirnya .Untunglah Rina teringat bahwa didalam Handphonenya terinstall Aplikasi GPS Garmin Mobile XT. Segera saja dia On kan GPS dan setelah dia mengetik alamat rumahnya . GPS langsung bekerja menuntunnya pulang dengan panduan Visual dan suara untuk melewati berbagai perempatan dan belokan. GPS memberikan posisi yang akurat bagi Rina untuk menuju rumahnya.

Ini hanya beberapa contoh ilustrasi pengunaan GPS pada aplikasi Keluarga , untuk selanjutnya akan kami jelaskan Kegunaan GPS pada aplikasi lainya . Tenang saja masih banyak yang perlu anda ketahui . (Bersambung ……….)

(Sumber : journal9.com)
Categories: Ponsel
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: