Home > Anti Virus, Software, Virus & Hacker > Aplikasi antivirus gratisan terfavorit

Aplikasi antivirus gratisan terfavorit


Tema virus dan antivirus begitu banyak mewarnai tulisan di erakomputer, hal ini terkait dengan tidak pernah surutnya penyebaran virus komputer yang ditujukan bagi pengguna Windows.

Penggunaan antivirus bagi pengguna Windows adalah sebuah kewajiban jika kita tidak ingin direpotkan dengan virus komputer yang dapat menyebabkan data hilang, komputer menjadi lambat dan juga dampak-dampak lainnya.

Memilih antivirus yang tepat bisa menjadi persoalan yang mudah sekaligus juga bisa sulit. Mudah karena saat ini begitu banyak pilihan aplikasi antivirus mulai dari antivirus buatan lokal sampai antivirus buatan orang luar, mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar dan menjadi sulit karena perkembangan virus komputer yang cepat membuat virus komputer yang bertebaran membutuhkan sebuah antivirus yang dapat mengatasi semua virus yang ada.

Seperti disebutkan diatas bahwa aplikasi antivirus adalah wajib ada di komputer yang berbasis Windows dan tidak perlu pusing karena aplikasi antivirus yang gratisan sekaligus ampuh juga banyak tersedia diluar sana.

Tulisan saya kali ini adalah penghantar dari menu polling yang baru saya adakan di erakomputer. Dan untuk polling perdana ini saya tanyakan kepada pengunjung erakomputer tentang aplikasi antivirus gratisan favorit anda-anda semua. Menu polling bisa dilihat di sidebar sebelah kanan atas dan polling ini akan saya tutup begitu terkumpul 100 suara.

Kandidat-kandidat antivirus gratisan terfavorit saya batasi hanya 5 aplikasi saja dan dibawah ini sedikit ulasan tentang masing-masing kandidat antivirus favorit anda:

1. Avast! 4 Home Edition

avast! 4 Home Edition adalah software antivirus bersertifikat ICSA yang komplit dan gratis untuk penggunaan rumahan (non komersil). avast! mendapatkan penghargaan VB100% dalam 2002/4 Virus Bulletin ulasan perbandingan antivirus untuk Windows.

Download

Komentar pribadi: Pernah pakai sekali tapi kurang memuaskan untuk saya karena cukup memakan resource serta definisi virus yang kurang lengkap.

2. AVG Free Edition

Dengan versi gratisan dari sistem Anti Virus yang sangat populer yaitu AVG anda akan mendapatkan tool ampuh dan dapat dipercaya untuk melindungi komputer dari virus komputer.

Download

Komentar pribadi: Saya gunakan antivirus AVG untuk komputer rumah dan kantor. Selama ini jarang bermasalah dengan virus karena saya selalu update tiap hari untuk definisi virusnya.

3. Avira AntiVir

Aplikasi antivirus yang mudah diingat dengan logo payungnya. Avira AntiVir Personal – Free Antivirus adalah program antivirus menyeluruh yang mudah digunakan dan digratiskan untuk melindungi komputer rumahan dari virus.

Download

Komentar pribadi: Sempat saya gunakan cukup agak lama karena ketika itu Avira AntiVir yang gratis ini mampu untuk mengenali banyak virus tetapi sejak versi terakhir yang mereka rilis saya justru merasakan ada penurunan kualitas dan pembatasan jangka waktu updatenya.

4. ClamWin

ClamWin adalah salah satu program antivirus gratisan untuk Windows. ClamWin menyediakan antarmuka pengguna grafis untuk terhubung dengan engine Clam AntiVirus. ClamWin Free Antivirus hadir dengan installer yang mudah digunakan dan kodenya yang open source.

Download

Komentar pribadi: Menurut saya ClamWin masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya yaitu harus terkoneksi dengan internet ketika melakukan scan, proses scanning yang cukup memakan waktu lama dan pemakaian resource komputer yang besar.

5. PC Media AntiVirus (PCMAV)

Agak ragu juga awalnya untuk menempatkan PCMAV sebagai kandidat antivirus gratisan terfavorit mengingat sebenarnya PCMAV gratis hanya bagi mereka yang membeli majalah PC Media, salah satu majalah komputer terbesar di Indonesia. Bisa diartikan sebenarnya PCMAV tidak murni gratisan tetapi untuk saat ini PCMAV bisa dibilang sebagai antivirus yang cocok untuk mengatasi virus-virus lokal. Selain ampuh PCMAV juga mudah, tidak perlu diinstal ke komputer, cukup meng-copynya.

Download

Komentar pribadi: Dari sisi penanganan virus PCMAV boleh dibilang cukup baik. Beberapa kekurangannya yang saya lihat adalah terkadang tidak tepat untuk menganggap suatu file sebagai virus atau tidak contohnya file autorun.inf, file ini sering dianggap sebagai virus. Satu lagi kekurangannya adalah sampai saat ini PCMAV masih bersifat ekslusif dalam arti anda belum bisa mengupdate definisi virusnya melalui internet, anda baru bisa melakukannya setelah membeli majalah PC Media.

Itulah kelima aplikasi antivirus gratisan yang saya minta kepada para pengunjung untuk memilih mana yang menurut anda terfavorit.

Ingat lho ya ini bukan pemilihan aplikasi antivirus terbaik tapi terfavorit karena masing-masing aplikasi antivirus memiliki kelebihan serta kekurangan.

hasilpolling(Sumber : www.nyem.or.id)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: