Home > Artikel, Berita, Uncategorized, Virus & Hacker > Media-Media Jihad Terkenal di Asia Tengah

Media-Media Jihad Terkenal di Asia Tengah


As-Sahab Media Foundation

As-Sahab adalah sayap media resmi Al Qaida yang berbasis di Afghanistan dan Pakistan. Media ini memproduksi ceramah-ceramah para senior Al Qaeda seperti Syaikh Usamah bin Ladin dan Dr.Ayman al-Zawahiri, dan juga memproduksi film aksi-aksi Mujahidin Al Qaida. Pemimpin media As-Sahab dipegang oleh Dr. Ayman al-Zawahiri dan mastermind serangan 11 September Khalid Syaikh Muhammad. Beberapa orang penting yang sering muncul dalam video ceramah-ceramah media As-Sahab adalah Shaikh Abu Yahya al-Liby dan Adam Yahya Gadahn a.k.a Brother Azzam al-Amriki ( Azzam dari Amerika).
Labayk Media Productions

Labayk Media juga merupakan salah satu media penyampai pesan-pesan Al Qaida dan Taliban, media ini memproduksi wawancara dengan para pemimpin Taliban dan Al Qaeda dan berbagai operasi militer Mujahidin di sepanjang perbatasan Pakistan-Afghanistan. Beberapa tokoh yang ditampilkan di media Labayk ini tidak begitu berbeda dengan para tokoh Mujahidin yang muncul pada video produksi As-Sahab. Pada Juli 2005, empat anggota Al Qaeda kelas tinggi berhasil melarikan diri dari penjara Amerika yang dijaga sangat ketat di pangkalan udara Baghram dekat Kabul, Afghanistan. Tiga bulan kemudian pada 19 Oktober 2005 , salah satu dari keempat anggota Al Qaeda tersebut- Abu Nasir al-Qahtani warga Saudi, muncul dalam video yang diproduksi Labayk Media Foundation untuk menceritakan pengalamannya.
Islam Awazi Information Center

Islam Awazi adalah sayap media resmi milik “Partai Islam Turkistan”, kelompok pejuang Islam yang beranggotakan etnis Uigur Muslim, aslinya berasal dari barat propinsi Xinjiang China. Pada bulan Juli 2008 TIP mulai merilis video melalui media Islam Awazi, dalam video tersebut TIP mengklaim pemboman bus di Shanghai dan Kunming dan mengancam akan mengacaukan Olimpiade Beijing. Dalam video ancaman tersebut “Komandan Sayfullah” mengatakan bahwa “kami akan melakukan serangan terhadap semua yang berkaitan dengan Olimpiade termasuk kota-kota utama di China”.
Islamic Emirate of Afghanistan Media

Media ini merupakan media resmi Imarah Islam Afghanistan (Taliban), masih jarang mengeluarkan video. Video yang dirilis merupakan pernyataan-pernyataan politik. Media ini juga mengeluarkan majalah “Al Somood” (saat ini sudah tiga edisi yang diterbitkan). Materi-materi yang diterbitkan media ini menggunakan dua bahasa, yaitu Arab dan Inggris. Publikasi media ini juga menggunakan salah satu forum di internet yang dimiliki Islamic Army in Iraq (IAI).
Jundullah Media

Jundullah Media adalah sayap media resmi yang dimiliki Gerakan Islam Uzbekistan (IMU). IMU sudah dinyatakan Amerika sebagai organisasi teroris luar negeri. IMU telah berpartisipasi dalam serangan terhadap tentara Amerika dan tentara koalisi di Afghanistan dan merencanakan serangan terhadap fasilitas diplomat Amerika di Asia Tengah . Pada September 2008, Jundullah Media merilis video tentang mujahid asal Jerman di Afghanistan termasuk video pernyataan seorang mujahid yang melakukan serangan bom syahid di kedutaan besar Denmark di Islamabad Pakistan, dalam video itu dikatakan jika “serangan ini bukan yang terakhir”. IMU (Islamic Movement of Uzbekistan) beranggotakan para mujahid dan mujahidah yang telah siap mengorbankan nyawa mereka.
Ummat Studios

Ummat Studios adalah organisasi media pro-Taliban di Pakistan yang memproduksi video seruan jihad dan operasi militer Taliban di Pakistan dan beberapa operasi di Afghanistan. Video yang dirilis Ummat Studios berfokus pada aktivitas Taliban Pakistan di wilayah Waziristan termasuk menampilkan video camp pelatihan militer lokal milik Taliban . Pada Mei 2008, Ummat Studios merilis video berjudul “Na Pak Fouj” yang menampilkan para anggota baru Taliban di sebuah camp di Waziristan ambil menyanyikan nasid, “Hai orang-orang kafir di barat dan timur, kami telah merencanakan sesuatu untuk kalian. Kami semua harus mati, hidup terlalu singkat. Hai kalian para Muslim, kalian harus beraksi sekarang, kami telah tertindas. Ya tentara Islam, datanglah kemari untuk berjihad….datanglah kemari untuk berjihad”.
Badr at-Tawheed Media

Badr at-Tawheed adalah sayap media resmi Islamic Jihad Union (IJU) yang berada di Uzbekistan. Didirikan pada bulan Maret 2002 di Wilayah Kesukuan Pakistan. Pada 25 Mei 2005 Amerika mengumumkan kelompok ini sebagai bagian dari kelompok teroris global . IJU bertanggungjawab pada pemboman kedutaan besar Amerika dan Israel di Ibukota Uzbekistan Tashkent bulan Juli 2004. Menurut statemen resmi Departemen Luar Negeri Amerika, Islamic Jihad Union merupakan ancaman berbahaya bagi fasilitas dan kepentingan Amerika yang berada di luar negeri.
Manba al-Jihad Media

Media ini merupakan media penyampai Jihad yang relativ baru. Manba al-Jihad yang berarti “Sumber Jihad” telah merilis beberapa video serangan Taliban terhadap tentara koalisi di wilayah tenggara Afghanistan tahun 2008 dan 2009. Serangan-serangan itu berupa peluncuran roket, peledakan menggunakan bom kendali jarak jauh dan aksi bom syahid. Manba al-Jihad juga pernah merilis video lama yang menampilkan salah satu komandan mujahidin Afghanistan jaman dahulu Jalaludin Haqqani. Jalaludin Haqqani dan anaknya Sirajjudin Haqqani saat ini dikabarkan berada di suatu daerah terpencil di Pakistan yang berbatasan dengan Waziristan. Namun sifat hubungan pasti antara Manba al-Jihad Media dan Taliban tidak diketahui.
(Sumber : muslimdaily.net)
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: