Home > Artikel, Berita, Hardware > Persaingan Baru INTEL versus AMD

Persaingan Baru INTEL versus AMD


Ditulis Oleh Arief
Minggu, 01 Maret 2009
Seperti diketahui khalayak umum, antara INTEL dan AMD sudah sekian lama bersaing dalam memperebutkan pangsa pasar bagi para pencinta teknologi, dimulai beberapa tahun ini dimana AMD memulai sebuah gebrakan baru dalam bidang teknologi, dan sejak saat itu peperangan teknologi perangkat komputer manjadi semakin ketat.
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas masalah produk baru ke-2 pabrikan besar teknologi komputer antara INTEL dan AMD dimana ke-2 pabrikan tersebut sama-sama mengeluarkan produk baru processor teknologi terbaru. so mari bersama kita lihat masing-masing produk baru tersebut antara INTEL Corel 7 versus PHENOM II

Berikut ini beberapa point yang perlu kita ketahui bersama yaitu:

INTEL Corel 7 Codename Nehalem (Corel7 920, 924 / Corel7 EE 965),“Prosesor tercepat dimuka bumi ini”. Dengan beberapa teknologi yang mumpuni, prosesor ini bisa dikatakan saingan berat dari AMD, mari kita lihat, apa sebenarnya yang menjadi teknologi andalan dari produk terbaru INTEL ini. Prosesor ini resmi diluncurkan pada bulan november 2008. Prosesor ini diklaim sebagai
  • INTEL QPI (QuickPathInterconnect) merupakan teknologi yang menggantikan sistem FBS pada prosesor Core2Duo, sehingga pada Corel7 ini, koneksi data antara module memory dengan prosesor dapat berjalan lebih cepat dengan bandwidth lebih.

  • 4Core Prosesor dengan 2 Thread pada masing-masing core, sehingga Corel7 ini memiliki total 8 Thread, dengan OS yang tepat, kita bisa mendapatkan 8 prosesor dalam 1 keping prosesor. (windows Vista)
  • Integrated MCH dengan 3 chanel DDR3 1066MHZ
  • Fabrikasi 45nm, cache 8Mb, TDP 130W, QPI 4.8 / 6,4GT/s. socket LGA 1366
“untuk saat ini hanya ada 1 chipset yang benar-benar kompatibel (cocok) dengan procesor tercepat intel ini yaitu Intel X 58 Exp chipset dengan ICH 10/10R pada SouthBridgenya”

AMD Phenom II Codename Deneb (Phenom 920, Phenom 940) menjawab tantangan pasar untuk terus bersaing dengan kompetitornya yaitu INTEL so kabarnya AMD segera meluncurkan PHENOM generasi ke-2 dengan beberapa perbaikan di beberapa sisi, antara lain:

  • AMD 64 with Direct Connect Architecture. meningkatkan system performance dengan menghubungkan secara langsung prosesor, memori kontroler, dan Input Output kedalam keping prosesor.
  • Balanced Smart Cache. menyediakan cache yang cukup untuk semua core
  • Integrated DDR2 DRAM Controller with AMD Memory Optimizer Technology
  • AMD Cool’n’Quiet 3.0 technology
  • Dual Dynamic Power Management, yaitu management power untuk efisiensi daya pada core prosesor dan memory kontroler.
  • Fabrikasi 45nm, cache 8Mb, TDP 125W, HT 3.6GT/s, Socket Am2+.

“Chipset yang kompatible cukup banyak yaitu AMD 780G, 790GX, 790FX, dan nVIDIA nFORCE 780a SLI”

Dari kesemua itu bisa diambil kesimpulan yaitu:
Corel7 dengan motherboard berchipset X58 akan mengarahkan anda untuk menggunakan DDR3 sebagai memorynya, pada PhenomII anda bisa memperoleh pilihan yang lebih banyak dan bersahabat pada chipset dan memory, karena DDR2 seperti diketahui memiliki harga lebih ekonomis alias tidak terlalu mahal. Review global membuktikan Corel7 masih yang tercepat, sedangkan Phenom memberi solusi lebih hemat untuk kantong yang yang pas-pasan.
Sumber: FASTA NEWS (MEGA BAZAR 2009, JEC)

Categories: Artikel, Berita, Hardware
  1. May 16, 2010 at 3:02 pm

    Nice post Kalo ditanya saya TETAP pilih AMD…thanks

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: