Home > Artikel, Hardware, Ponsel > Jaringan Digital

Jaringan Digital


GSM
Global System for Mobile Communications (GSM), salah satu sistem selular digital terkemuka. GSM menggunakan jalur sempit, yang meleluasakan delapan panggilan secara serempak pada frekuensi radio yang sama.

GSM pertama kali diperkenalkan tahun 1991. Pada akhir tahun 1997, layanan GSM tersedia di lebih dari 100 negara. Layanan ini telah menjadi standar de facto di Eropa dan Asia.

Dianggap sebagai teknologi selular digital paling termaju, jaringan GSM memimpin dalam banyak layanan khas ‘digital’ antara lain, Short Message Service (SMS), konfigurasi Over the air (OTA) dan pemosisian GSM. Berkat teknologi dan kehadirannya di Amerika dan di belahan lainnya di dunia, GSM terposisi baik untuk roaming global. Banyak telepon GSM yang disebut “telepon global” karena telepon semacam ini bisa dikatakan dapat digunakan di negara manapun. Kartu SIM (“Subscriber Identification Module”) juga merupakan komponen telepon GSM yang unik dan penting.

Di mana GSM digunakan:
> GSM 900 (bertransmisi pada jalur frekuensi 900 MHz) adalah jaringan digital utama Eropa. Jaringan ini pun digunakan di kawasan Asia Pasifik.
>GSM 1800 (bertransmisi pada jalur frekuensi 1800 MHz) juga digunakan di Eropa dan Asia, tapi belum secara luas diterapkan seperti GSM 900.
> GSM 1900 (bertransmisi pada jalur frekuensi 1900 MHz) adalah sistem GSM yang digunakan terutama di Amerika dan Kanada.

TDMA
Time Division Multiple Access, (TDMA) adalah teknologi yang menghantarkan layanan digital nirkabel dengan menggunakan time-division multiplexing (TDM). Frekuensi radio dibagi ke dalam slot waktu, kemudian slot tersebut dialokasikan untuk beberapa panggilan. Dengan cara ini, satu frekuensi dapat menunjang beberapa saluran data secara serempak. TDMA digunakan oleh sistem selular digital GSM.

Salah satu teknologi selular digital paling terdahulu, TDMA juga dianggap sebagai teknologi digital yang kurang maju, karena teknologi ini tidak memiliki fleksibilitas yang komparatif.

TDMA adalah standar digital yang digunakan khususnya di AS, tapi juga di Amerika Latin, Selandia Baru dan sejumlah wilayah di Rusia dan kawasan Asia-Pasifik.

CDMA
Singkatan dari Code-Division Mutliple Access, dan ini adalah teknologi selular digital yang menggunakan teknik spektrum sebar. Tidak seperti sistem yang saling bersaing seperti GSM yang menggunakan TDMA, CDMA tidak menetapkan frekuensi tertentu untuk setiap pengguna. Melainkan, setiap saluran menggunakan spektrum penuh yang tersedia.

Percakapan individu diberi kode dengan urutan digital acak-lancung (pseudo-random). Banyak percakapan yang dilangsungkan secara simultan dengan mengirimkan semua komunikasi dalam grup campuran bit, dan menandai setiap grup yang digolongkan ke suatu komunikasi tertentu dengan kode yang berbeda-beda. Karena itu, di ujung yang lain, setiap komunikasi dapat dirakit kembali dalam susunan yang benar, dengan menggunakan kode unik yang dikaitkan ke grup bit tertentu.

CDMA adalah yang paling umum dan teknologi selular digital paling baru di Amerika Utara.

PDC
Personal Digital Cellular (PDC) adalah salah satu dari tiga standar nirkabel digital yang terutama di dunia, seperingkat GSM dan TDMA. Walaupun PDC saat ini hanya digunakan di Jepang, ini merupakan standar digital kedua terbesar di dunia dengan pelanggan lebih dari 48 juta pada Juli 2000; para operator di kawasan lain di dunia secara giat mempertimbangkan PDC. Seperti GSM, PDC berlandaskan teknologi TDMA.

GPRS
General Packet Radio Service (GPRS) merupakan langkah di antara jaringan selular GSM dan 3G. GPRS menawarkan transmisi data lebih cepat (9,6Kbit s/d 115Kbit) melalui jaringan GSM. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk menelepon dan mengirim data pada saat yang sama. Contohnya, jika Anda memiliki ponsel GPRS, Anda akan dapat melakukan panggilan dan menerima pesan email secara serempak.

Manfaat utama GPRS adalah, bahwa teknologi ini mencadangkan sumberdaya radio hanya apabila ada data untuk dikirim dan mengurangi ketergantungan pada elemen jaringan saklar-kalang tradisional.

WCDMA
Singkatan dari CDMA jalur lebar, yang merupakan teknologi nirkabel ponsel 3G kecepatan tinggi yang menawarkan kecepatan data yang lebih tinggi daripada CDMA. WCDMA dapat mencapai kecepatan hingga 2 Mbps untuk transmisi suara, video, data dan gambar. WCDMA diterapkan sebagai standar oleh ITU dengan nama “IMT-2000 direct spread.”

PCS
Personal Communications Service (PCS) adalah istilah untuk U.S. Federal Communications Commission (FCC) yang digunakan untuk menjelaskan seperangkat teknologi selular digital yang disebarkan di AS. PCS bekerja pada CDMA (juga disebut IS-95), GSM dan antarmuka udara TDMA Amerika Utara (juga disebut IS-136).

Tiga fitur menonjol paling penting dari sistem PCS adalah:
> Fitur ini seluruhnya digital.
> Fitur ini bekerja pada kisaran frekuensi 1900 MHz.
> Semua fitur dapat digunakan secara internasional.

PCS adalah teknologi komunikasi bergerak generasi kedua.

Categories: Artikel, Hardware, Ponsel
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: