Home > Berita, Software, Website/Blog > Keamanan Yang Lebih Baik di Avira Free 9

Keamanan Yang Lebih Baik di Avira Free 9


Avira AntiVir mulai terkenal pada beberapa tahun yang lalu dan sampai saat ini penggunanya sudah mencapai 70 juta, aplikasi keamanan dari Jerman ini hampir selalu mendapatkan nilai yang tinggi pada pengujian deteksi virus dan penghapusan virus. Selain berbayar aplikasi ini juga memiliki versi gratis dan menjadi salah satu aplikasi keamanan gratis yang sangat terkenal, yaitu Avira Antivir Personal. Versi terbarunya baru saja dirilis secara eksklusif kemarin di situs Download.com. Dilihat sekilas, AntiVir 9 mungkin Anda mengira tidak banyak perubahan yang dilakukan, karena memang tampilan luarnya tidak banyak berubah dari versi 8.

avira1

Untuk membuat Avira tampak lebih segar dan berbeda adalah perubahan pada bagian banner di atas dan logo yang terlihat lebih simpel dan berkesan modern. Bagian antar muka lainnya masih dipertahankan seperti versi sebelumnya.

Salah satu fitur yang dinanti sejak lama oleh semua pengguna versi gratis dari Avira akhirnya muncul juga. Kini AntiVir telah dilengkapi dengan fitur pendeteksi dan pembasmi Spyware atau anti-spyware dan anti-adware yang sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna Avira berbayar. Kemudian ditambahkan teknik pemindaian terbaru yang dapat membuka serta memeriksa file yang terkunci, apakah berupa file berbahaya atau tidak.

Sistem pertahanan diri juga ditingkatkan dalam versi kesembilan ini dengan mencegah file-file aplikasi AntiVir dari perubahan dan pengerusakan oleh virus. Heuristic detection engine/mesin deteksi heuristik telah dirancang ulang berdasarkan keterangan dari Tony Anscombe, direktur produk Avira. Komentar dari para pengguna terutama dari situs Download.com menjadi inspirasi bagi mereka untuk membuat fitur one-click threat removal.

Kini Anda tidak perlu lagi menunggu proses pemindaian sampai selesai. Dengan fitur ini semua ancaman yang terdeteksi akan secara otomatis dikunci dan didaftar, jadi tidak lagi proses pemindaian menjadi terhenti karena menunggu input dari pengguna. Setelah proses pemindaian selesai seluruhnya, barulah Anda dapat melakukan tindakan selanjutnya terhadap file-file tersebut, apakah langsung menghapus, memindai ulang file, mengkarantina dan lainnya baik satu persatu atau seluruhnya.

Mengaktifkan fitur one-click threat removal dimulai dari klik tombol Configuration yang ada di kanan atas sebelah Help atau tekan tombol F8. Beri centang pada kotak Expert mode di kanan atas, kemudian di bawahnya masuk ke Scanner > Scan > Action for Concerning Files. Dari situ akan ada dua pilihan aksi, yaitu Automatic dan Interactive.

Pilihan Automatic akan membuat secara otomatis Avira melakukan tindakan sesuai yang sudah Anda tetapkan sebelumnya saat proses pindai sedang berjalan dan ditemukan file berbahaya oleh Avira. Sedangkan pilihan Interactive akan menanyakan pengguna aksi apa yang ingin dilakukan terhadap file berbahaya. Terdapat dua pilihan, yaitu Individual untuk menampilkan pilihan aksi untuk tiap file dan Combined untuk menampilkan pilihan aksi ke pengguna setelah seluruh proses pindai selesai dikerjakan.

Penambahan fitur-fitur di atas pastinya menjadi nilai tambah yang cukup bagi Anda untuk tetap setia dan tidak beralih ke aplikasi keamanan lain yang juga gratis. Bagi Anda yang belum memakai Avira mungkin bsia tertarik untuk mencobanya dan membandingkan kinerjanya dengan aplikasi keamanan yang saat ini Anda pakai.

(sumber:muslimdaily.net)

Categories: Berita, Software, Website/Blog
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: