Home > Berita > DirectX 10 Optimalkan Grafis Windows

DirectX 10 Optimalkan Grafis Windows


Bersamaan dengan peluncuran Windows Vista, Microsoft memperkenalkan teknologi grafis teranyar yang dibundel sepaket dengan sistem operasinya itu. Namanya DirectX 10. Seperti apakah DirectX 10 itu? DirectX

10 sering disebut dengan DX10 atau Direct3D 10. Teknologi ini diluncurkan untuk meneruskan versi sebelumnya. DirectX 9.0c bisa digunakan Windows XP. DirectX sendiri merupakan kumpulan API (application programming interface) yang menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia.
DirectX berfungsi menangani aplikasi gaming dalam Windows yaitu menampilkan kualitas grafis dengan lebih baik. Berbeda dengan DirectX versi-versi sebelumnya, DX10 hanya kompatibel dengan Vista. Pasalnya, fitur-fitur terbaru dalam Vista yang memang dirancang untuk mengoptimalkan kinerja DirectX 10 tidak dimiliki oleh versi Windows XP ke bawah. DX10 dibuat untuk menjawab kebutuhan akan kualitas grafis yang makin kompleks dan menuntut perangkat keras terbaru.

Jadi, untuk merasakan sensasi grafis DX10, Anda harus melakukan upgrade, baik dari segi software maupun hardware. Bagi orang yang berdana terbatas, tentu ini menjadi masalah. Salah satu akasan mengapa DirectX 10 layak diperbincangkan adalah karena kualitas gambar rendering jauh lebih baik ketimbang versi sebelumnya.

Teknologi DX10 mampu menampilkan visualisasi grafis yang lebih realistis dan mendetail. Selain itu, rendering grafis DX10 lebih efesien. Pembagian beban yang ada bisa disesuaikan sehingga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya bottleneck.

Di samping itu, DirectX 10 juga mengurangi beban CPU. Ini membuat kinerja komputer menjadi lebih cepat dan efesien. Lantaran DirectX 9.0c sudah tidak bisa dioptimalkan lagi, Microsoft menghadirkan DX10 dengan teknologi serta dukungan yang berbeda khusus untuk Vista.

Berbeda dari peralihan teknologi DirectX 8 ke DirectX 9 yang hanya mengalamo sedikit perubahan, peralihan ke DX10 menuntut perombakan seluruh arsitektur grafis API. Perombakan ini menghadirkan teknologi seperti Shader Model 4.0 serta fitur baru yang tidak terdapat dalam fitur sebelumnya. Jadi, tidak salah jika DX10 dianggap sebagai terobosan baru dalam dunia pemrograman API

CALLTECH Online ————-

Bagi yang ingin mencoba kehebatan DirectX 10 dapat mengunjungi ling download kami di : https://calltech.wordpress.com/download/

Categories: Berita
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: